Senin, 28 Juni 2010

Ber-wirausaha

kemarin hari minggu tanggal 27 juni 2010,

kelompok saya yang jumlah nya 6 orang. melaksanakan tubes inovasi kewirausahaan, yang inti nya kami di tuntut untuk berwirausaha.(tp, berwirausaha yang halal...hehe)

menu yang tersedia
1. es sirup soda
2. nasi hijau
hari itu saya menjadi seorang pedagang makanan dan minuman. untuk berjualan sehari saja persiapan na sudah sangat menguras tenaga. membeli bahan baku (walaupun bukan saya yg melaksanakan), memproduksi barang dagangan (klo ni saya ikut an, walaupun cuma ngaduk - ngaduk jelli).
yang paling memberatkan ntu bangun pagi nya, di suruh kuliah jam 7 aja udah sering telat. nah, sekarang di suruh kumpul jam setengah 4 pagi. (udah pasti telat) hahahahhaha

berangkat ke lokasi jualan jam 6. saya berjualan di gasibu (deket gedung sate, bandung)
di sana emang setiap hari minggu ada pasar, saya coba berjualan di sana yang pasti persaingan antar pedagang sejenis sangat berat.
tp, mao gimana lagi.
cuma di sana yang separtinya cocok untuk berjualan es sirup soda dan nasi kuning.

sekarang saya mao nginget kejadian tgl 27 juni kemarin,
singkat cerita, jam 7 saya dapet lapak jualan di tengah - tengah lapangan gasibu

ini dia lapak na,
hahahhaha...
kecil baget iya.

jangan liat lapak na yang keci, coba liat omset na.(hahahah, omset na jg gak gede-gede amat sii)


ntu, cuma tempat tuk naro barang aja.
rencana yang sebenarnya, kami berjualan keliling dengan menggunakan nampan (tempat biasa minum, klo kita mao ngasih tamu). tp, temen yang jaga ni lapak harus nawar-nawar in produk kami.

ternyata menjadi seorang pedagang itu perkarjaan yang sangat sulit.
apa lagi pedagang kecil kaya kami kemarin. untuk ngejual es sirup soda yang harganya 3.000 itu sangat susah.
harus sabar lah, senyum terus lah, buang urat malu lah.

tp, yang paling susah ntu SABAR.
sabar ngeliat orang yang kita tawar in ntu buang muka, muka na sepet, ketus lah, dll.

saya, temen saya ada yang bilang "jualan sehari aja kaya gini iya rasa na, apalagi orang yang jualan setiap hari gmn perasaan mereka"
bener banget ntu kata tmn saya, berarti orang-orang yang emang perofesi na jualan di gasibu ntu adalah orang yang sangat sabar. -hebat mereka-
selesai jualan di gasibu jam 10, alhamdullilah lumayan laku juga dagangan di sana.

saya ma kelompok, istirahat sambil nyiapin jualan di kebon binatang (deket kampus ITB)
dan akhirnya berangkat sekitar jam 2 siang,
rencana nya mao jualan di dalem kebon binatangnya, tp, setelah kami konfirmasi dengan orang kebon binatang ntu. ternayata saya gak di izinkan jual an di dalem kebon binatang.
dengan kepala yang sedikit pening, akhirnya saya jualan di depan kebon binatang.
besama para pedagang tetap di sana, ujung-ujung nya kami pergi dari sana. bukan karena kami kalah bersaing dengan pedagang tetap di sana, tp karena kami udah bosen aja jualan di depan pintu kebon binatang (pada hal emang kalah bersaing, barang dagangan gak da yang laku...hahahah).

kami pindah pindah ke sebrang jalan.
jual an lah di sana sampe jam 5 sore, dan akhir nya bisa di bilang barang yang mao di jual udah abis (kecuali nasi ijo na, blom ada yang laku sampe jam 5 sore)
kami pun pulang.


banyak banget pekajaran yang di dapet dari jualan sehari kemarin,
termasuk pelajaran SABAR tadi. dan pelajaran susahnya mencari uang.
jadi, harus banyak mikirlah klo mao ngeluarin uang sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar